hot news

Disdukcapil Salurkan 50.000 Kartu Identitas Anak di Kota Medan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Zulkarnain diruang kerjanya, Selasa (10/9/2019).

JURNALPOLISI.COM – Medan – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan sudah membagikan 50.000 Kartu Indentitas Anak (KIA) di Kota Medan, Sumatera Utara, sejak Juni 2019.

Warga kota Medan sangat antusias dapat mengurus KIA bagi anggota keluarganya yang dibawah 17 tahun, KIA selain sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak KIA juga sebagai persyaratan sekolah untuk mendapat pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Zulkarnain mengatakan, sosialisasi tentang kedudukan dan fungsi KIA terus dilakukan guna meningkatkan sadar administrasi kependudukan disdukcapil agar masyarakat mau menguruskan berbagai dukumen kependudukan yang diperlukannnya sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang kita tekankan, ujar Kadisdukcapil Kota Medan, Zulkarnain kepada wartawan Jurnalpolisi.com diruang kerjanya, Selasa (10/9/2019)

“Secara prinsip pelayanan KIA itu kita gunakan melalui tiga jalur pokok yaitu jalur yang pertama, masyarakat bisa langsung memohonkan mendapatkan KIA bagi anggota keluarga yang berumur 17 tahun kebawah kepada petugas disdukcapail yang ada di seluruh kecamatan, jalur yang kedua, disdukcapil bekerjasama dengan satuan sekolah untuk memberikan KIA kepada siswa serta jalur yang ketiga, anggota masyarakat yang memohonkan akte kelahiran 17 tahun kebawah bisa dilayani secara langsung bersamaan dengan penerbitan kartu identitas anak termasuk perubahan kartu keluarga”, Jelas Zalkarnain.

Zulkarnain berharap kepada masyarakat yang anggota keluarganya masih ada berumur 17 tahun kebawah untuk menyegerakan memiliki KIA guna bisa difungsikan untuk mengakses berbagai pelayanan publik seperti dibidang kesehatan, pendidikan dan keuangan. KIA juga memiliki fungsi inovatif lokal seperti masuk Medan Zoo dan kolam renang Deli dengan menunjukkan KIA mendapatkan diskon 15 % untuk warga kota Medan.

Kadisdukcapil Kota Medan yang juga pernah menjabat Kaban BP2RD Kota Medan berpesan, ” jangan mengurus kartu dokumen kependudukan melalui calo atau perantara, apabila persyaratan lengkap dipastikan dokumen kependudukannya akan diberikan sesuai dengan permohonan yang disampaikan”. Pengurusan KIA juga tidak sulit, pengurusannya hanya 4 sampai 5 hari dan tidak dikenakan biaya (Gratis) kalau mengurusannya sendiri, tegas Zulkarnain. (RT)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner polri banner polri
To Top