politik

Ketua DPRD Dukung Wacana Pemindahan Kantor Walikota Medan

JURNALPOLISI.COM – Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, rencanaya akan memindahkan Kantor Walikota Medan di Jalan Kapten Maulana Lubis ke Gedung Asrama Haji di Jalan HA Nasution.

“Sudah selayaknya Walikota Medan memiliki kantor yang representatif. Kantor yang ada saat ini, selain sempit, letaknya juga berada di pinggir sungai. Kalau didorong sedikit saja, itu udah ambruk ke sungai,” ujar Gubsu bercanda di sela-sela pemaparan master plan Sport Center oleh konsultan perencana di Kantor Gubsu, Selasa (4/12/2019).

Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, menilai wacana pemindahan Kantor Walikota Medan itu sangat bagus. “Kajian pendukung harus tetap ada, bila memang harus dipindah,” kata Hasyim kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (4/12/2019).

Keinginan besar Gubsu itu, kata Hasyim, juga harus dipikirkan dimana kawasan yang tepat dan bagus berdirinya gedung Pemerintah Kota Medan yang baru. Kalau bisa pun terintegrasi dalam satu kawasan. Selain Kantor Walikota, juga ada gedung DPRD Kota Medan. Jadi, ada dalam satu kompleks,” katanya. Terkait dipilihnya kawasan Asrama Haji Medan sebagai kawasan pengganti Kantor Walikota Medan, menurut Hasyim, harus dikaji kembali.

Senada dengan itu Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Rajudin Sagala, mengatakan diperlukan kajian khusus untuk memindahkan Kantor Walikota Medan ke kawasan baru. Perlu kajian, perlu orang khusus mempelajari ini. Kalau memang maslahatnya bagus pindah untuk penyelamatan aset jangka panjang, maka pindahkanlah,” kata Rajudin.

Rajudin juga melihat ada banyak gedung baik milik pemerintah maupun gedung-gedung mewah yang berada di pinggir sungai, seperti Cambridge di Jalan Zainul Arifin. “Inilah pertanyaan kita, apakah ini masuk dalam penyelamatan wilayah pinggiran sungai,” tanyanya.

Termasuk Gedung DPRD Kota Medan, tambah Rajudin, juga perlu mendapat petimbangan,. “Dengan usia gedung yang masih sangat baru dan nilai pembangunan mencapai Rp90 miliar itu, apakah akan ikut dipindahkan dengan alasan dekat di bibir sungai,” pungkasnya. (RT)

banner polri
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner polri banner polri
To Top