hot news

Survei Kepuasan Masyarakat, Perumda PDAM Kota Singkawang Gandeng Aliansi LSM Perintis.

JURNALPOLISI.COM – SINGKAWANG – Aliansi LSM Perintis dan Perumda PDAM Gunung Poteng Kota Singkawang melakukan kerjasama berkenaan dengan persepsi kepuasan masyarakat terkait pelayanan pasokan air bersih dulu dan sekarang melalui penyebaran kuisioner.

Kepada jurnalpolisi.com biro singkawang Sekjend Aliansi LSM Perintis Singkawang mengatakan, Kuisioner ini disebar di 5 Kecamatan yang masing-masing kecamatan akan ditunjuk 1 orang koordinator dengan beberapa anggota. Kerjasama atau MOU ini berlangsung hari ini, Kamis (13/2/2020) di kantor Perumda PDAM Gunung Poteng, Roban Singkawang.

“Koordinator dibantu oleh 4 sampai 5 orang anggotanya, tergantung luas wilayah kecamatan tersebut. Misalnya Singkawang Barat ada 4 Kelurahan atau di tengah ada 6 Kelurahan maka ada 6,” jelasnya.

Kuisioner ini dibuat sebanyak 2000 eksemplar kurang lebih, Kemudian nantinya dibagikan kepada masing-masing koordinator dengan jumlah yang disesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing di tiap kecamatan, “Jadi kita ingin tahu tanggapan masyarakat atau responden terhadap pelayanan PDAM singkawang,” jelas Heri.

Materi pertanyaan dalam kuisioner tersebut antara lain mengenai kualitas air, mutu hingga mengenai SDM perusahaan plat merah milik Pemkot Singkawang ini di mata masyarakat, “Contoh di tempat saya, dulu PDAM tidak mengecek pemakaian air dengan teliti.

Kalau dulu pakai manual sekarang pakai foto, jadi main kira-kira. Termasuk kondisi di lapangan banyak meteran yang sudah tertutup semen akibat renovasi rumah atau sebagainya,” ujarnya.

Dalam kuisiiner ini juga disertakan atau di cari tahu kenapa sampai konsumen itu menunggak membayar dengan jangka waktu yang lama, sehingga nanti diharapkan jawaban-jawaban konsumen tersebut dapat dipahami PDAM dievaluasi untuk dicarikan solusinya. Kerjasama ini mulai berjalan hari ini dan ditargetkan paling lama hasilnya akan diketahui paling lambat 3 minggu kedepan.

Sementara itu, kuisioner yang diperlukan telah pun didistribusikan kepada masing-masing koordinator Kecamatan, “Jadi ini tergantung kinerja kawan-kawan di lapangan, kalau bisa 3 atau 4 hari itu lebih bagus,” tuturnya.

Heri juga mengatakan, usai dilaksanakannya jajak pendapat ini nanti pihaknya akan melakukan rapat internal untuk mengambil kesimpulan hasil survei tersebut mengenai apa-apa saja keluhan, harapan masyarakat kepada PDAM. Dari Kesimpulan tersebut pihaknya akan menyampaikan kepada PDAM sebagai wujud pertanggungjawaban MOU yang sudah disepakati itu.

Sementara itu, pihak LSM aliansi Perintis juga mengakui telah turun ke lapangan meninjau langsung sumber air baku yang ada misalnya di Hangmoy, Eria dan diakui memang jauh lebih baik kondisinya dibanding dahulu.

Saat di hubungi lebih lanjut, direktur Perumda gunung poteng Suriandi, mengatakan pihaknya sangat mendukung kerjasama ini dan berharap sinergi antara pihaknya dan LSM aliansi Perintis kali ini dapat menghasilkan dampak yang positif bagi kedua belah pihak demi kemajuan Kota Singkawang.

“sejauh ini kita apresiasi ide dan gagasan kawan-kawan ini. Semoga berjalan sesuai rencana,” pungkasnya. (Topan).

banner polri
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner polri banner polri
To Top