EKONOMI

PT Asietex Sinar Indopratama Cikampek Kangkangi SK Gubernur Jabar Tentang UMK

JURNALPOLISI.COM – Karawang- PT Asietex Sinar Indopratama (ASI) yang berlokasi di Jalan Interchang Cikampek Desa Dawuan Tengah Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat kangkangi dan tidak mengindahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat tentang pengupahan.

Sehingga dengan tindakan yang di lakukan oleh pihak manegemen PT ASI selain membangkang terhadap aturan juga telah merugikan pada 1400 karyawan dengan membayar upah di bawah UMK

Keterangan Sidik Ketua Serikat Pekerja Mandiri (SPM) PT ASI mengungkapkan kepada Jurnal Polisi bahwa PT ASI sejak mulai tahunn 2015 sampai dengan 2019 tidak pernah mau patuh terhadap keputusan yang ditetapkan Gubernur Ridwan Kamil melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 561/kep 1220-yanbangsos /2018 tentang Upah Minimum Kabupaten Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.
“hanya pada tahun 2016 lah yang mengikuti Hasil Keputusan UMK”,ungkap

Berdasarkan Sk tersebut di katakan bahwa UMR Untuk Kabupaten Karawang pada tahun 2019 pada sektor textil sebesar Rl 4.230.000.

Selain membangkang terhadap aturan, yang lebih parah lagi sistem pengupahan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan yaitu sistem 75:25 artinya 75 persen Gaji pokok 25 persen tunjangan

Sehingga dengan sitim penerapan upah 75:25 maka gaji yang mereka peroleh hanya Rp 3.700.000, jelasnya.

Rupanya SPM di bawah Komando Sidik bersama Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) telah melakukan mediasi ke Dinas Tenga kerja Kabupaten Karawang hingga saat ini belum juga ada tanggapan serta menolak atas pengaduan tersebut dan meminta agar tidak mengikut sertakan GSBI pada mediasi ini.

Di jelaskan juga oleh Sidik bahwa mereka telah melaporkan hal ini kepada UPTD pengawasan bidang Ketenga Kerjaan Bandung yang berkedudukan di Karawang dan sudah turun Notanya,jelas nya.

Sidik beserta rekan pun telah melayangkan surat ke DPRD Kabupaten Karawang untuk melaporkan hal ini namun karena keterbenturan dengan adanya pemillu mereka hanya bisa menunggu, pungkas nya. (Aden/ferdy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner polri
To Top